#

Garuda Buka Rute ke Belitung, Dukung "Visit Babel Archi 2010"

Rabu, 14 Oktober 2009 | 22:16 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang -Hanandjoeddin Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

"Pihak Garuda Indonesia sudah menjanjikan membuka penerbangan ke Belitung, realisasinya pada 2010," kata Gubernur Babel, Eko Maulana Ali di Pangkalpinang, Rabu (14/10).

Pembukaan rute penerbangan ke Belitung tersebut bentuk dari dukungan pihak Garuda Indonesia terhadap program Visit Babel Archi 2010.

"Aktivitas penerbangan ke Pulau Belitung mesti menjadi perhatian karena kabupaten itu salah satu daerah kunjungan wisata," katanya.

Menurut dia, frekuensi penerbangan di Babel cukup tinggi yaitu mencapai 70 hingga 75 persen sebagai bukti arus kunjungan dan pendatang sangat tinggi di Negeri Laskar Pelangi itu.

"Kami optimistis program Visit Babel Archi 2010 yang merupakan titik awal kebangkitan pariwisata dengan menarik para wisatawan domestik dan mancanegara, berjalan dengan baik jika melihat dari arus kunjungan ke Babel," ujarnya.

Gubernur mengakui, fasilitas pendukung dunia kepariwisataan belum memadai dan perlu ditingkatkan seperti bandara, pelabuhan, hotel, jalan dan fasilitas di obyek wisata.

"Kami terus genjot pembangunan yang berhubungan dengan kepariwisataan dalam rangka menyongsong Visit Babel Archi 2010," katanya.

Dijelaskan, pembangunan Bandara Depati Amir terus ditingkatkan seperti menambah panjang dan lebar landasan agar bisa didarati pesawat berbadan lebar dan pembangunan terminal.

"Diharapkan pada tahun 2010, Bandara Depati Amir mampu menjadi bandara internasional dan bisa melayani rute penerbangan internasional," ujarnya.

0 komentar: